What’s green school

Manusia sangat tergantung pada lingkungan hidupnya, manusia akan musnah jika lingkungan hidupnya rusak. Lingkungan hidup yang rusak adalah lingkungan  yang tidak dapat lagi menjalankan fungsinya dalam mendukung kehidupan.. keinginan setiap manusia untuk meningkatkan kwalitas hidup merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari, namun tanpa disertai kearifan dalam proses pencapaiannya, justru kemerosotan kwalitas hidup yang akan diperoleh. Untuk memenuhi  kebutuhan hidupnya manusia melakukan eksploitasi sumber daya alam. Seiring dengan perubahan peradaban, kebutuhan terus berkembang, baik jenis maupun jumlahnya, sedangkan penyediaan sumber daya alam terbatas. Eksploitasi yang berlebihan akan mengakibatkan merosotnya daya dukung alam.

Disisi lain dalam proses penyediaan barang kebutuhan manusia juga akan dihasilkan limbah, limbah yang dihasilkan menjadi beban bagi lingkungan untuk mendegradasinya. Jumlah limbah yang semakin besar yang tidak terdegradasi akan menimbulkan masalah pencemaran.

Pembinaan kesadaran lingkungan hidup melalui kegiatan kegiatan nyata yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dapat membawa siswa lebih memahami dan dapat langsung mengaplikasikannya. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan para siswa hidup sehari-hari.  Didalamnya terdapat komponen-komponen ekosistem dan sosiosistem, jika lingkungan sekolah tersebut ditata sedemikian rupa maka akan dapat menjadi wahana pembentukan perilaku arif terhadap lingkungan.

  1. . PENGERTIAN

Secara harfiah green school berarti sekolah hijau, namun sebenarnya memiliki makna yang lebih luas dari arti harfiahnya. Green School bukan hanya tampilan fisik sekolah yang hijau / rindang, tetapi wujud sekolah yang memiliki porgram dan aktifitas pendidikan mengarah kepada kesadaran dan kearifan terhadapa lingkungan hidup. ”Sekolah Hijau” yaitu sekolah yang memiliki komitmen dan secara sistimatis mengembangkan program, program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktifitas sekolah.

Tampilan fisik sekolah di tata secara ekologis sehingga menjadi wahana pembelajaran bagi seluruh waga sekolah untuk bersikap arif dan berperilaku ramah lingkungan. Program pendidikan dikemas secara partisipatif penuh, percaya pada kekuatan kelompok, mengaktifkan dan menyeimbangkan Feling, Acting, dan Thinking, sehingga tiap individu bisa merasakan nilai keagungan inisiasinya. Secara konsep kelompok di dorong untuk mampu melahirkan visi bersama dengan memahami apa yang menjadi penting ( definisi ), menemukan dan mengapresiasi apa yang telah ada dan tentunya itu terbaik ( Discovery ), menemukan apa yang semestinya ada ( Dream ), menstrukturkan apa yang ada (Desain) dan merawatnya hingga menjadi ada (Destiny) , sehingga hasilnya akan melampaui dari apa yang diinginkan dan sangat sinergis dengan konteks realitas yang ada dalam kehidupan sekolah.

Bahwa sebenarnya memahami makna Green school yang seharusnya adalah ” berbuat untuk menciptakan kualiatas lingkungan sekolah yang kondusif, ekologis, lestari secara nyata dan berkelanjutan , tentunya dengan cara-cara yang simpatik, kreatif, inovatif dengan menganut nilai-nilai dan kearifan budaya lokal”.

  1. C. OBYEK PENGEMBANGAN GREEN SCHOOL

Program Green school  harus disusun secara holistik  yang mengkaitkan seluruh program  yang ada disekolah dan juga melibatkan seluruh warga sekolah  dan juga mempertimbangkan  berbagai faktor yang dapat berpengaruh  baik sebagai faktor pendukung maupun sebagai faktor penghambat

Potensi internal sekolah  yang ada seperti  lahan , sumber daya alam  . air ,energi serta limbah yang dihasilkan   serta potensi sekitar sekolah  seperti tradisi  masyarakat   kondisi alam  dan ekosistem yang ada akan menjadi  obyek  pengembangan   dalam program  Green School

  1. D. PROGRAM PENGEMBANGAN

Program Green School  dikembangnkan melalui lima kegiatan utama

  1. Pengembangan Kurikulum  berwawasan lingkungan
  2. Pengembangan  pendidikan  berbasis komunitas
  3. Peningkatan kwalitas kawasan sekolah  dan lingkungan sekitar
  4. Pengembangan  sistem  pendukung  yang ramah lingkungan
  5. Pengembangan manajemen  sekolah  berwawasan lingkungan
  1. E. INTEGRASI  PROGRAM

Program Green school Merupakan program yang tak terpisahkan  dari keseluruhan program  pengembangan sekolah   oleh karena itu progran green shool  akan terintegrasi  ke dalam program pengembangan  sekolah. Pengembangan  kurikulum berwawasan lingkungan dan pendidikan  berbasis komunitas  serta pendidikan  berkelanjutan terwadai  dalam program  kurikuler dan ektra kurikuler   sedangkan  pengembangan kawasan  sekolah  dan pengembangan sistem pendukung  yang ramah lingkungan  termasuk  dalam  program  pengelolaan lingkungan fisik / fasilitas. Selanjutnya pengembangan lingkungan   sosial / lingkungan kerja  merupakan  bagian  dari  pengembangan  manajemen  sekolah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s